Yoga Selamatkan Wanita Menopause

PARA wanita yang selama ini pusing dan takut menghadapi datangnya masa menopause tak perlu bingung lagi. Rasa panas di tubuh dan keringat yang terus- menerus menyerang bisa diatasi atau setidaknya dikurangi. Hanya dengan yoga Anda dapat melakukannya. Bahkan yoga dikatakan dapat meningkatkan fungsi mental. Demikian dikatakan para ilmuwan dari India.

Gerakan yoga mampu menolang wanita menopause tetap bergairah

Gerakan yoga mampu menolang wanita menopause tetap bergairah

Untuk menyelidiki apakah yoga dapat menolong para wanita yang sedang menopause dan mengalami gejala fisik dan kognitif ini, para ilmuwan secara acak meneliti 120 wanita menopause berusia 40 hingga 55 tahun. Mereka diminta melakukan yoga atau peregangan sederhana dan latihan memperkuat otot selama lima hari seminggu dalam periode waktu delapan minggu berturut-turut.

Postur, napas, dan meditasi dalam yoga, “Memiliki efek, salah satunya dengan memengaruhi pikiran sehingga membuat seseorang menjadi tenang,” jelas para ilmuwan.

Para wanita yang beryoga ini juga mendengarkan kuliah bagaimana menggunakan yoga untuk mengelola stres dan yoga lain untuk topik yang terkait. Sementara yang mengikuti kelompok kontrol hanya mendengarkan kuliah mengenai diet, latihan fisik, fisiologi menopause dan stres.

Setelah delapam minggu, wanita yang mengikuti kelompok yoga menunjukkan penurunan signifikan dalam kondisi tubuh mereka. Rasa panas tubuh dan keringat di malam hari menurun gejalanya. Sementara mereka yang berada dalam kelompok kontrol tidak mengalami hal ini. Demikian diungkapkan Dr R Chattha dari Swami Vivekananda Yoga Anusandhana Samsthana di Bangalore, India.

Meski kedua kelompok menunjukkan kemajuan saat dites kemampuan konsentrasi dan fokusnya, kelompok yoga menunjukkan kemajuan yang berarti. Dari 10 komponen tes memori dan intelegensi, 8 poin diperoleh oleh mereka yang beryoga, sementara kelompok kontrol hanya enam. Kemajuan berarti dialami kelompok yoga dibanding kelompok kontrol pada tujuh subyek.

“Penelitian ini menunjukkan superioritas yoga. Ini juga berarti menunjukkan bahwa aktivitas fisik juga memperbaiki fungsi kognitif dengan menekankan pada pernapasan yang tepat, pernapasan berirama dengan gerakan tubuh, relaksasi, dan mengistirahatkan pikiran,” jelas para ilmuwan.

sumber: Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: